Home Teknologi Nggak Perlu Panik! Secara Alami, Anggur Memang Mengandung Formalin

Nggak Perlu Panik! Secara Alami, Anggur Memang Mengandung Formalin

124
0
SHARE
Nggak Perlu Panik! Secara Alami, Anggur Memang Mengandung Formalin

ERWESONGO

- Pesan berantai menyebutkan adanya kandungan formalin pada anggur yang dijual di pinggir-pinggir jalan, sehingga tetap fresh meski terpapar panas sepanjang hari. Broadcast tentang hal itu tampak meyakinkan karena menyertakan foto yang diklaim sebagai hasil uji.

Dalam foto tersebut, ada tiga tabung yang disebut diambil dari tiga pedagang anggur yang berbeda. Ada pula deretan warna yang menunjukkan standar warna formalin.

Salah satu tabung berwarna ungu pekat. Jika disandingkan dengan deretan warna formalin, itu menuju pada deretan dengan nomor dua.

detikHealth pun menghubungi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mengkonfirmasi foto pengujian tersebut. Namun, Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, Tetty Helfery Sihombing tidak bisa berkomentar banyak.

"Saya tidak bisa komentar, karena tidak mengetahui detil pengambilan dan pengujian sampel," ujarnya melalui pesan singkat, Senin (22/10/2018).

Tapi Tetty menegaskan bahwa ada yang harus diketahui bahwa beberapa produk pangan seperti anggur mengandung formaldehida.

"Namun secara ilmiah, kita perlu pahami bahwa secara alami beberapa produk pangan mengandung formaldehide, termasuk anggur," lanjutnya.

Apa sih formaldehida? Senyawa kimia formaldehida, merupakan aldehida dengan rumus kimia H2CO, yang berbentuk gas atau cair yang dikenal sebagai formalin. Dikutip dari Food Insight, formaldehida secara alamiah terkandung pada buah-buahan dan sayur-sayuran.

Apel, pisang, anggur, bawang, wortel, dan bayang mengandung formalin. Bahkan manusia juga menghasilkan senyawa tersebut secara alami yang penting untuk fungsi biologis dalam metabolisme, seperti dalam memproduksi asam amino tertentu.

Sebelumnya, Tetty menyebut bahwa anggur yang disebutkan mengandung formalin seperti dalam broadcast yang viral tersebut, aman dikonsumsi. Ia mengimbau untuk tetap tenang dalam menghadapi broadcast yang belum jelas kebenarannya.

"Kami sudah kordinasi. Bukan hoax sih, tapi mereka mungkin hanya berasumsi. Sebenarnya aman," katanya saat itu.

Jadi, apa pendapatmu tentang broadcast anggur berformalin di pinggir jalan?

Sumber : DETIK HEALTH