Home Seputar Erwesongo Sidabowa Kenalkan Pentingnya Administrasi Kependudukan

Sidabowa Kenalkan Pentingnya Administrasi Kependudukan

116
0
SHARE
Sidabowa Kenalkan Pentingnya Administrasi Kependudukan

PATIKRAJA -Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dan Pemerintah Desa Sidabowa, Kecamatan Patikraja melaksanakan program pemberdayaan masyarakat tentang Kebijakan Umum Administrasi Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil di aula kantor desa setempat, Kamis (2911). Kegiatan yang digelar sesuai instruksi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DINDUKCAPIL) Kabupaten Banyumas ini menggunakan anggaran Dana Desa yang tertuang dalam RAPBDesa Tahun Anggaran 2018.

Menurut laporan Ketua TPK Desa Sidabowa, Sulthoni, pelaksanaan pemberdayaan masyarakat dikuti 52 peserta yang terdiri dari Lembaga Desa, PKK dan Karang Taruna dengan anggaran sebesar Rp 7,5 juta. “Kegiatan ini bertujuan untuk menyambut tahun 2019 yang merupakan cerminan UUD 1945 yaitu melindungi segenap bangsa dan ikut mencerdaskan bangsa dengan pelayanan sistem digital,” kata dia.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan pemaparan Plt Camat Patikraja, Edi Prayitno SIP. Ia mengatakan, kebijakan umum kependudukan ini mempunyai tujuan untuk ikut mensukseskan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (#GISA). “Dengan ikut mencerdaskan dan melindungi segenap bangsa Indonesia,” ujar dia.

Selain itu sebagai persiapan menghadapi tantangan teknologi yang semakin maju diharapkan dalam proses pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil dapat dilaksanakan secara cepat, tepat dan akurat demi tertib administrasi serta mendorong pelayanan yang dapat membahagiakan masyarakat.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan simulasi Aplikasi SMARD Versi 2.5 kepada peserta oleh Kasi Pemerintahan Bangun Widhiyono untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat dan penjelasan penduduk flag (data base bermasalah) untuk dapat ditindak lanjuti oleh RT, RW dan Ormas. “Prioritas yang bisa kami harapkan adalah tuntaskan perekaman dan pencetakan e-KTP, Cakupan Akta Lahir, Kualitas Layanan yang membahagiakan (3in1, 4in 1), pemanfaatan data secara optimal, dan KIA 2019. Mari kita sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk di Desa Sidabowa Kecamatan Patikraja semoga mengharumkan Kecamatan Patikraja,” kata dia.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB dilanjutkan dengan ramah tamah berupa diskusi menyatukan langkah, visi dan misi kebijakan umum kependudukan di Wilayah Kerja Desa Sidabowa.

Sumber : Satelitpost