Home Anda Harus Tahu Tahukah Anda, Mengapa Pesawat Pabrikan Boeing Memiliki Pola Nomer 7X7

Tahukah Anda, Mengapa Pesawat Pabrikan Boeing Memiliki Pola Nomer 7X7

211
0
SHARE
Tahukah Anda, Mengapa Pesawat Pabrikan Boeing Memiliki Pola Nomer 7X7

Keterangan Gambar : Boeing 787 Dreamliner

ERWESONGO - Kita sering mendengar nama-nama pesawat pabrikan Boeing seperti 707, 727, 737 dan yang terbaru 787 Dreamliner. Ada banyak versi dan asumsi kenapa Boeing menggunakan kode-kode dengan pola tersebut. Mulai dari alasan yang logis teknikal sampai alasan mistis. Beberapa orang menghubungkan angka tujuh dari nama pesawat Boeing dengan bentuk sayap pada pesawat-pesawat yang dihasilkan Boeing, dan ada juga yang menyebutkan bahwa pilihan angka tujuh karena angka tersebut melambangkan angka keberuntungan.

Sekilas Sejarah Boeing
Berbeda dengan sekarang, sebelum perang dunia ke-2, Boeing banyak memproduksi pesawat-pesawat tempur. Beberapa pesawat tempur perang dunia ke-2 yang terkenal seperti B-17 Flying Fortress, B-52 Stratofortress adalah bikinan Boeing.

Pasca perang dunia ke-2, Direktur utama Boeing pada masa itu yaitu William Allen, memutuskan bahwa perusahaan harus melakukan ekspansi pada produksi pesawat komersial, pesawat transportasi, dan juga pada produksi misil dan pesawat ruang angkasa. Untuk mendukung strategi baru tersebut, akhirnya departemen rekayasa/enjineering (engineering) di Boeing membagi nomor model per 100 blok nomor untuk produk-produk baru, dimana blok 300-an dan 400-an adalah untuk produksi pesawat terbang militer, blok 500-an digunakan untuk produk-produk mesin turbin, blok 600-an untuk produk roket dan misil, dan terakhir blok 700-an digunakan khusus untuk penamaan model pesawat jet transportasi.


Produksi pesawat komersial pertama mereka awalnya adalah dari ketertarikan perusahaan penerbangan komersial bernama Pan Am terhadap pesawat B-47 bikinan Boeing. Pesawat B-47 Stratojet sendiri adalah pesawat jet pembom bikinan boeing. Pan Am akhirnya meminta Boeing untuk melakukan studi kelayakan apakah mungkin dibuat pesawat komersial transportasi bermesin jet.


Singkat cerita pesawat jet komersial pertama akhirnya selesai, dan sesuai dengan aturan penomoran sebelumnya, pesawat pertama ini akhirnya memiliki nama Model 700. Namun, bagian marketing Boeing merasa, nama Model 700 ini kurang enak didengar dan kurang melekat, akhirnya mereka sepakat untuk mengganti nama Model 700 dengan nama marketing yang lebih catchy yaitu dengan nama Model 707.

Pada akhirnya semua pesawat komersial dari Boeing dinamai dengan pola nama awal angka 7 dan akhir angka 7 pula (7X7) hingga sekarang. Sampai saat ini, dengan model terbaru Boeing 787 Dreamliner.


Sumber : KASKUS

Video Terkait: